Selasa, 08 April 2014

DESAIN RUMAH


MEMBUAT DESAIN RUMAH DENGAN BAIK

Membuat desain rumah dengan baik dapat dilakukan siapa saja, karena "baik" itu adalah sesuatu yang relatif. Baik bagi saya belum tentu baik bagi anda, demikian pula sebaliknya. Tetapi untuk mencapai kesempurnaan dan kepuasan merencanakan rumah tinggal alangkah bijaksananya apabila kita mempercayakan kepada orang yang  menguasai  teori dan etika perencanaan.

Apa yang perlu kita pertimbangkan dalam mendesain rumah tinggal kita.

1. Kebutuhan ruang
Berapa banyak ruang tidur, berapa banyak kamar mandi, perlu tidaknya gudang, dan fikirkan ruang lain yang kita butuhkan. Urutkan berdasarkan skala prioritas agar kita bisa mengatur mana yang harus didahulukan. Tentu saya pertimbangannya adalah budget.

2. Tentukan besaran ruang
Berapa luas ruangan yang kita inginkan. Sebagai pertimbangan, fikirkan dahulu furnitur apa saja yang akan ditempatkan di dalamnya. Jangan terlalu besar dan juga terlalu kecil.

3. Kelompokkan bedasarkan zona kegiatan.
Zona publik adalah ruang-ruang yang bisa dimasuki siapa saja (keluarga dan juga orang diluar penghuni rumah) ruang dimaksud misalkan teras, ruang tamu.
Zona privat adalah ruang-ruang yang tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang. Misalkan ruang tidur.
Zona servis adalah ruang ruang dimana aktifitas yang dilakukan membutuhkan ruang khusus. Misalkan dapur, ruang cuci, ruang jemur, ruang pembantu.

4. Pertimbangkan ruang sirkulasi.
Ruang sirkulasi adalah ruang pergerakan orang. Ruang ini terbentuk setelah kita merencanakan perletakan furniture atau perabot. Sebagai pertimbangan sederhana, lebar ruang sirkulasi minimal adalah 60cm. Ukuran ini didapat dari lebar standar manusia.

5.Pencahayaan dan Penghawaan
Jangan lupa, rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan matahari yang cukup. Oleh karena itu, pikirkan bukaan jendela dan fentilasi yang cukup.

Tidak sesederhana itu mendesain rumah tinggal. Belum terfikir bagaimana bentuk atapnya, bagaimana tampak depannya, bagaimana warnanya, HONGSHUI dan FENGSHUI bagi yang mempercayainya.
Paling mudah, percayakan kepada ARSITEK. Arsitek merangkum keinginan klient yang dipadu dengan kaidah arsitektur.
Selain estetika yang akan kita dapat, Biaya produksi juga dapat diprediksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar